Sabtu, 07 Juni 2014

IKATAN MAHASISWA SIANTAR DAN SEKITARNYA ( IKANMASS IPB )


            Ikatan mahasiswa Siantar dan sekitarnya ( IKANMASS ) merupakan suatu organisasi mahasiswa daerah yang ada di Institut Pertanian Bogor ( IPB ) yang anggotanya berasal dari Kota Pematang Siantar dan sekitarnya ( kota dan kabupaten yang berdekatan dengan Kota Pematang Siantar ) dan bersifat kekeluargaan. OMDA IKANMASS berdiri mengingat mahasiswa-mahasiswa yang datang dari berbagai daerah Siantar dan sekitarnya yang memiliki latar belakang berbeda dan berbeda pulau dengan IPB.  Mereka membutuhkan sebuah keluarga baru sebagai wadah untuk mencari tahu tentang lingkungan baru mereka dan mendukung kegiatan akademik maupun non akademik mereka. Oleh karena itu, IKANMASS didirikan pada tanggal 12 Mei 2003 dengan visi “menjadikan IKANMASS  IPB sebagai organisasi kekeluargaan yang meningkatkan kualitas anggota. IKANMASS didirikan sebagai suatu sarana tempat berkumpul dan berbagi antara sesama anggota IKANMASS yang dimulai dengan kegiatan belajar bersama antar angkatan maupun angkatan yang lebih tua dengan yang lebih muda. Berbagi informasi, buku, dan berbagi pengalaman menjadikan anggota IKANMASS menjadi sangat dekat dan menganggap bahwa sesama anggota IKANMASS adalah saudara( adik dan kakak ) dimana  masalah dari seorang akan menjadi masalah bersama dan mencari jalan keluar secara bersama – sama. Saling berbagi dan peduli sebagai keluarga menjadi hal yang selalu ada dalam organisasi ini.
            Saat ini IKANMASS telah berusia 11 tahun dengan jumlah anggota sebesar 211 orang yang terdiri dari mahasiswa aktif sampai angkatan 50 dan alumni. Dengan semakin banyaknya jumlah anggota, maka kegiatan yang awalnya sederhana menjadi lebih besar lagi, yang dahulunya belajar bersama dengan jumlah peserta 2 – 5 orang,  maka saat ini berubah bentuk menjadi suatu response bagi mahasiswa yang baru saja masuk IPB ( mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama ) dengan pengajar dari anggota IKANMASS sendiri. Kegiatan response dilakukan teratur setiap minggunya beserta kegiatan try out sebelum ujian baik ujian tengah semester maupun ujian akhir semester. Selain kegiatan akademik, IKANMASS juga melakukan kegiatan non akademik yang bertujuan untuk lebih mendekatkan sesama anggota IKANMASS. Kegiatan tersebut berupa olahraga bersama sepertibermain voly, lari pagi, futsal, siang keakraban, malam keakraban, dll. Melalui kegiatan – kegiatan tersebut diharapkan dapat mewujudkan visi dari IKANMASS sendiri. IKANMASS juga turutberpartisipasi pada setiap kegiatan yang dilakukan oleh pihak IPB yang membutuhkan organisasi mahasiswa daerah( OMDA ) sebagai pesertanya.

            Mahasiswa angkatan 51 yang bergabung dengan organisasi mahasiswa daerah( OMDA ) IKANMASS akan mengikuti seluruh kegiatan IKANMASS. Pada awalnya, mereka akan disambut dan diterima dengan senang hati sebagai keluarga baru. Kemudian angkatan 51 akan memperoleh buku pelajaran yang dipinjamkan oleh organisasi untuk  dipakai pada Tingkat Persiapan Bersama. Selain itu, response rutin juga akan dilakukan untuk angkatan 51 sehingga membantu meningkatkan pemahaman terhadap materi kuliah yang mereka terima. Informasi – informasi baru yang mungkin belum diketahuioleh angkatan 51 juga akan dibagikan di organisasi ini baik informasi seputar perkuliahan, beasiswa, dll. OMDA IKANMASS juga akan menjadi wadah dalam berorganisasi, tempat berbagi pengalaman dan pengetahuan, serta menjadi tempat untuk mengadu terhadap masalah atau kesulitan yang sedang dialami karena IKANMASS bukan hanya sebuah organisasi, tetapi juga merupakan rumah dimana seluruh anggotanya merupakan satu keluarga.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© OpenHouse51 All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates