Sabtu, 07 Juni 2014

FORCES



Dunia akademisi adalah dunia ilmiah.Ilmiah merupakan sebuah sifat keharusan yang harus dimiliki oleh seorang yang bergelut dalam bidang keimuan. Sifat ilmiah akan menuntun seorang untuk memutuskan pilihan berdasarkan pertimbangan rasio yang berdasr pada data dan fakta. Selain itu, ilmiah akan menuntuk kita untuk berpikir secara sistematis dan terukur. Dalam implementasi teknis, prinsip ilmiah akan menentukan keakuratan dan presisi. Urgensitas prinsip ilmiah dalam sebuah lingkungan akademisi merupakan  kepentingan nomor wahid yang tidak tergantikan. Proses penyuburan keilmiahan tidak hanya terbatas pada kalangan akademisi senior. Akademisi pembelajar seperti mahasiswa juga membutuhkan pengenalan terhadap sifat ilmiah.Hal ini dimaksudkan untuk mendidik seorang akademisi pembelajar untuk siap dalam fase pembelajaran berikutnya yang lebih tinggi kualitasnya. Implementasi konsep ini tertuang pada perlu adanya sebuah forum keilmiahan yang mewadai rasa ingin tahu tentang keilmiaha  dari mahasiswa. FORCES (Forum for scientific studies) IPB merupakan organisasi yang bergerak di koridor tersebut.
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berdiri sejak 12 Januari 2004 dengan ketua pertamanya ialah Anuraga. Pada kepengurusan 2012-2013 Teki Sinatria adalah direktur dari UKM FORCES dengan bapak Anuraga Jayanegara sebagai pembina. UKM ini mengemban tugas layaknya perpanjang visi dan misi IPB guna menjadi universitas yang berbasiskan riset. Hingga saat ini, dari segi struktural, FORCES terdiri dari 6 Departemen yang meliputi: Human Resource Development, Research and Education, Service, Company, Communication and Information, dan Community Development. Adapun setiap departemen menjalankan tugasnya dengan mandat yang dipegang masing-masing. UKM ini lebih tepatnya berdiri atas asas bersama, yakni kebersamaan dengan mengedepankan suasana kekeluargaaan. Visi FORCES adalah “Menjadikan FORCES sebagai UKM sentra keilmiahan yang mampu mengayomi dan menciptakan atmosfer yang lebih ilmiah di Institut Pertanian Bogor”. Misi FORCES adalah Peningkatan kapasitas dan karakter setiap anggota forces yang lebih bersaing, baik di ajang nasional maupun Internasional, Membangun dan memperkuat jaringan yang baik dan berkelanjutan guna mendukung kinerja UKM Forces, baik di dalam maupun luar IPB, Menyalurkan informasi-informasi keilmiahan ke civitas akademika IPB secara cepat dan tanggap, Mensinergikan kelembagaan-kelembagaan strategis yang ada di IPB untuk membantu menciptakan atmosfer keilmiahan, Menciptakan dan ikut berpastisipasi aktif dalam setiap event keilmiahan kampus, baik oleh IPB maupun kelembagaan lainnya, Menjadikan FORCES sebagai UKM yang mandiri finansial secara kontinu dan realistic, dan Optimalisasi program community development secara kontinu dan terarah.
Kepengurusan periode 2013-2014 telah terpilih Muhammad Nizam Mustaqim sebagai ketua UKM FORCES. Pada awalnya FORCES memiliki 6 departemen, namun mulai tahun ini sudah direduksi menjadi 4 departemen saja, yaitu Human Resource Development, Research and Education, Service, dan community development. Pada periode ini departemen Communication and Information telah bergabung dengan Service bergabung, sehingga tugas-tugasnya telah dilimpahkan kepada departemen tersebut. Departemen Company, tugasnya telah dilimpahkan kepada bedahara dalam bentuk peminjaman LCD. Pada tahun ini akan diselenggarakan PIMPI (Pekan Inovasi Mahasiswa Pertanian Indonesia) 2014 yang merupakan acara seminar dan lomba karya tulis ilmiah. Penyelenggaraan tahun ini yang ke tiga kali. Pada penyelenggaraan sebelumnya PIMPI berhasil mengundang Bapak Jusuf Kalla dan Ibu Martha Tilaar. FORCES juga memiliki desa binaan yang sekarang telah mengajarkan anak-anak di desa tersebut menanam dan merawat tumbuhan yang ditanam mereka sendiri. Kegiatan ini mendapatkan respon yang positif dari warga yang berada disana.
Para peserta yang mengunjungi stand FORCES akan mendapatkan informasi tentang profile, kegiatan dan prestasi FORCES. Para peserta juga akan mendapatkan informasi tentang dunia keilmiahan, serta tulis menulis baik IPB dan nasional. Pada stand FORCES para peserta juga akan dibawa ke dunia keilmiahan dan menulis yang dapat menjadi tonggak awal berdirinya suatu peradaban dan akan membawa penulis melanglang buana ke berbagai penjuru dunia yang awalnya hanya ada pada angan-angannya. Tidak hanya melalui penjelasan, peserta juga diajak melihat sesuatu yang akan diraihnya jika dia menulis dan masuk ke dalam UKM FORCES.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© OpenHouse51 All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates